Cute Brown Spinning Flower

24.9.12

LAMBANG PMI

Sebelumnya gue mau cerita dulu nih. Kepikiran untuk posting artikel ini lantaran gaka da sumber aja gitu dari internet yang menjelaskan kenapa lambang PMI dibuat sedemikian rupa. Adanya cume mouth to mouth aje..

 Nah..

Jadi sekarang gue mau share aje dah apa yang gue tahu ttg makna dari lambang PMI yah...

Kalau ada yang belum tahu, meskipun saat ini rupanya ada kontroversi di DPR kalo katanya mau diganti juga, tapi tetep gue share kok. Karena emang lambang ini yang udah mendarah daging ama di Indonesia.

Jadi, kalo pertanyaannya kenapa Indonesia pakai lambang Palang Merah sebagai lambang PMI, jawabannya lantaran karena Indonesia mantan jajahan Belanda. soalnya, Belanda dulu untuk pasukan PP'nya pakai lambang Palang Merah juga.

Kalo pertanyaannya kenapa palang yang berwarna merah. kayaknya udah banyak web ato blog ato buku yang ngasih tahu gitu yeee... tapi gue share juga kok disini.. Palang itu untuk menghormati negara Swiss sebagai tempat pertama kalinya didirikan lembaga kemanusiaan yang tidak berpihak. Pencetusnya juga dari Swiss lho.. nah, makanya, bendera negara Swiss digunakan sebagai lambang Palang Merah dengan warna yang dibalik. Palang berwarna merah, dan alasnya berwarna putih.

Kalo pertanyaannya, kenapa lambang PMI dikeilingi melati dengan 5 kelopak. Karena 5 itu menggambarkan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Panitia Lima selaku pendiri Palang Merah.

Nah, itu yang gue tahu yah.. untuk lebih lengkapnya bisa dibaca-baca aja di buku atawa blog atawa web resminya... kalo ada kesalahan, mohon kritikannya juga...

dan ini untuk bacaan lebih lanjut:

http://palangmerahindonesia.blogspot.com/2010/10/makna-lambang-pmi.html



--
ANA FITRIANA ^^

0 komen:

Posting Komentar